RPP IPS kelas V SD

SILABUS
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

 

 

Kelas / Semester : V / I

 

 

Standar Kompetensi : Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia

 

 

KOMPETENSI MATERI POKOK / KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI SUMBER
DASAR PEMBELAJARAN WAKTU BELAJAR/
ALAT
Mengenal makna Makna peningga- lan-peninggalan Dengan berdiskusi siswa menyusun - Menyusun daftar peninggalan - Tertulis pilihan 12 x 35 menit Buku IPS klas V Asy’ari Erlangga
peninggalan- sejarah daftar peninggalan sejarah yang

 

sejarah yang bercorak Hindu-

 

ganda pert 1 – 4 Gambar candi dan masjid
peninggalan sejarah yang berskala bercorak Hindu-Budha dan Islam

 

Budha dan Islam yang ada di - Pengamatan (4 minggu)
yang berskala nasional nasional dari masa Melalui diskusi siswa menyebutkan

 

Indonesia - Portofolio
dari masa Hindu- Hindu-Budha, dan daftar peninggalan sejarah yang - Membuat daftar peninggalan

 

Budha, dan Islam di Islam di Indonesia bercorak Hindu-Budha dan Islam di

 

sejarah yang bercorak Hindu-

 

Indonesia Indonesia

 

Budha dan Islam yang ada di

 

Melalui tanya jawab siswa mencerita-

 

Indonesia

 

kan berbagai peninggalan sejarah - Menceritakan peninggalan sejarah

 

yang bercorak Hindu-Budha dan

 

yang bercorak Hindu-Budha dan

 

Islam di Indonesia

 

Islam yang ada di Indonesia

 

Dengan ceramah bervariasi siswa - Melestarikan  peninggalan sejarah

 

diharapkan dapat melestarikan

 

yang bercorak Hindu-Budha dan

 

peninggalan sejarah yang bercorak

 

Islam yang ada di Indonesia

 

Hindu-Budha dan Islam di Indonesia

 

 

Menceritakan tokoh- Tokoh-tokoh sejarah Menceritakan tokoh-tokoh sejarah - menceritakan tokoh-tokoh sejarah - Tertulis : jawab 9 x 35 menit Buku IPS klas V Asy’ari Erlanga
tokoh sejarah pada pada masa Hindu- pada masa Hindu-Budha, dan Islam

 

pada masa Hindu-Budha, dan

 

singkat pert 5 – 7
masa Hindu-Budha, Budha, dan Islam di di Indonesia

 

Islam di Indonesia - Pengamatan (3 minggu)
dan Islam di Indonesia Indonesia Menyebutkan tokoh-tokoh sejarah - Menyebutkan tokoh-tokoh sejarah - Porto folio Gambar tokoh-
pada masa Hindu-Budha, dan Islam

 

pada masa Hindu-Budha, dan

 

tokoh sejarah pada
di Indonesia

 

Islam di Indonesia

 

masa Hindu-
Menjelaskan dan mengelompokkan - Mengelompokkan tokoh-tokoh

 

Budha, dan Islam
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-

 

sejarah pada masa Hindu-Budha,

 

di Indonesia
Budha, dan Islam di Indonesia

 

dan Islam di Indonesia

 

 

 

KOMPETENSI MATERI POKOK / KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI SUMBER
DASAR PEMBELAJARAN WAKTU BELAJAR/
ALAT
Menjelaskan dan membandingkan - Membandingkan tokoh-tokoh

 

tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di

 

sejarah pada masa Hindu-Budha,

 

Indonesia

 

dan Islam di Indonesia

 

 

Mengenal keragaman Keragaman kenampakan alam Menggambarkan peta Indonesia - Menggambar peta Indonesia - Perbuatan 12 x 35 menit Buku IPS kelas V
kenampakan alam dan dan buatan dengan memberi simbol-simbol

 

dengan memberi simbol - Tertulis : pert 8 – 11 Asy’ari Erlangga Peta Indonesia
buatan serta pembagi- Pembagian wilayah Menjelaskan ciri-ciri kenampakan - Menyebutkan ciri-ciri kenampakan

 

pilihan ganda dan (4 minggu) Globe, dll
an wilayah waktu di waktu di Indonesia alam dan buatan dengan

 

alam dan buatan

 

isian
Indonesia dengan dengan peta/atlas/ menggunakan peta - Menunjukkan pada peta pembagi- - portofolio
menggunakan peta/ globe dan media

 

an wilayah waktu di Indonesia

 

atlas/globe dan media lainnya lainnya

 

 

 

 

Menghargai keragaman suku Keragaman suku Menjelaskan dengan peta persebaran - Menemutunjukkan pada peta - Tertulis : 9 x 35 menit Buku IPS kelas V
bangsa dan budaya bangsa dan budaya daerah asal suku bangsa di Indonesia

 

persebaran daerah asal suku

 

pilihan ganda dan pert 12 – 14 Asy’ari Erlangga Peta Indonesia
di Indonesia di Indonesia

 

bangsa di Indonesia

 

isian (3 minggu) Gambar-gambar
Dengan ceramah bervariasi guru - Mengembangkan sikap - Pengamatan keanekaragaman
menjelaskan sikap menghormati

 

menghormati keragaman suku - portofolio suku bangsa dan
keragaman suku bangsa dan budaya

 

bangsa dan budaya

 

budaya
di Indonesia

 

 

Menyebutkan keragaman budaya - Mengidentifikasi keragaman buda-

 

di Indonesia

 

ya yang terdapat di Indonesia

 

Menyebutkan macam-macam suku - Menyebutkan macam-macam

 

bangsa di Indonesia

 

suku bangsa di Indonesia

 

 

 

KOMPETENSI MATERI POKOK / KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI SUMBER
DASAR PEMBELAJARAN WAKTU BELAJAR/
ALAT
Mengenal jenis-jenis Jenis-jenis usaha dan kegiatan eko- Menyebutkan jenis-jenis usaha - Menyebutkan jenis-jenis usaha - Tertulis, jawab 12 x 35 menit Buku IPS Kelas V
usaha dan kegiatan nomi di Indonesia perekonomian dalam masyarakat

 

perekonomian dalam masyarakat

 

singkat, uraian pert 15-17 Asy’ari  Erlangga Gambar-gambar kegiatan ekonomi
ekonomi di Indonesia Indonesia

 

Indonesia - Pengamatan (3 minggu) Jenis usaha
Menyebutkan contoh usaha yan - Memberi contoh usaha yang - Portofolio perekonomian
dikelola sendiri dan kelompok

 

dikelola sendiri dan kelompok

 

Menjelaska cara-cara menghargai - Memberikan contoh cara

 

kegiatan orang dalam usaha

 

menghargai kegiatan orang

 

 

dalam usaha

 

- Memberi contoh kegiata produksi,

 

 

distrbusi, dan konsumsi di

 

 

Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

 

 

Kelas / Semester : V / II

 

 

Standar Kompetensi : Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
KOMPETENSI MATERI POKOK / KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI SUMBER
DASAR PEMBELAJARAN WAKTU BELAJAR/
ALAT
Mendeskripsikan perjuangan para to- Perjuangan melawan Melakukan diskusi mengenal sebab - Menceritakan sebab jatuhnya - Portofolio 12 x 35 menit IPS Asy’ari Erlangga Kelas V
Koh pejuang pada penjajah dan pergerak- jatuhnya daerah-daerah nusantara ke

 

daerah-daerah nusantara ke dalam - Performance pert 1 – 4
pada penjajah an nasional Indonesia dalam kekuasaan pemerintah Belanda

 

kekuasaan pemerintah Belanda - Tertulis (4 minggu)
Belanda dan Jepang Pengamatan peta wilayah-wilayah - Menjelaskan sistem kerja paksa

 

Gambar
tanam paksa

 

dan penarikan pajak yang

 

Para pejuang

 

memberatkan rakyat

 

dan tokoh lain
Bermain peran mengenai salah satu - Menceritakan perjuangan para

 

kisah perlawanan terhadap Belanda

 

tokoh daerah dalam upaya

 

yang dipimpin oleh para tokoh daerah

 

mengusir penjajah Belanda

 

Menjelaskan mengenai sebab-sebab - Menceritakan pendudukan Jepang

 

meletusnya perang dunia II dan

 

di Indonesia

 

kedatangan Jepang ke Indonesia

 

 

Membuat rangkuman atau cerita - Menceritakan sebab dan akibat

 

pendek tentang sebab dan akibat

 

pengerahan tenaga romusa oleh

 

pengerahan tenaga romusa oleh

 

Jepang terhadap penduduk

 

Jepang

 

Indonesia

 

Membuat profil riwayat hidup tokoh- - Membuat ringkasan riwayat hidup - Tertulis
tokoh penting pergerakan nasional,

 

tokoh penting pergerakan nasional - Portofolio
seperti RA Kartini, Dewi Sartika,

 

 

Ki Hajar Dewantara, dan Douwes

 

 

Dekker

 

 

Membut laporan mengenai tokoh-tokoh yang ada di provinsi tempat

 

Membuat laporan tentang tokoh

 

tinggalnya dengan wawancara

 

pejuang yang ada di provinsinya

 

KOMPETENSI MATERI POKOK / KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI SUMBER
DASAR PEMBELAJARAN WAKTU BELAJAR/
ALAT

 

 

Peranan sumpah Melakukan diskusi kelas tentang - Menceritakan peristiwa

 

pemuda 28 Okt 1928 peristiwa sumpah pemuda khususnya

 

sumpah pemuda

 

dalam mempersatu- tentang Konggres Pemuda I dan

 

 

kan Indonesia Konggres Pemuda II

 

 

Membuat catatan mengenai pernan - Menceritakan peranan tokoh

 

tiga orang tokoh penting dalam

 

dalam peristiwa sumpah Pemuda

 

peristiwa sumpah Pemuda 28

 

28 Okt 1928

 

Okt 1928

 

 

Menjawab pertanyaan tentang peran - Menceritakan peranan tokoh

 

sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam

 

dalam peristiwa sumpah Pemuda

 

mempersatukan Indonesia

 

28 Okt 1928 dalam mempersatu-

 

 

kan Indonesia

 

Menghargai jasa dan Persiapan kemerdeka- Melakukan studi pustaka secara - Menjelaskan beberapa usaha

 

Buku IPS Asy’ ari kelas V Erlangga
peranan tokoh per- an Indonesia dan berkelompok untuk mencari lembaga-

 

dalam rangka mempersiapkan

 

Gambar para pejuang dan tokoh kemerde- kaan
juangan dalam mem- perumusan dasar lembaga bentukan Jepang dalam

 

kemerdekaan

 

persiapkan kemerdeka- negara mempersiapkan mencapai

 

 

an Indonesia kemerdekaan

 

 

Melakukan diskusi mengenai perlunya - Menjelaskan perlunya perumusan - Tertulis 12 x 35 menit
perumusan dasar negara

 

dasar negara sebelum - Porto folio pert 5 – 8

 

kemerdekaan - Pengamatan (4minggu)
Mengidentifikasi beberapa tokoh yang - Mengidentifikasi beberapa tokoh

 

berperan dalam usaha mempersiap-

 

dalam mempersiapkan

 

kan kemerdekaan

 

kemerdekaan

 

Menuliskan bagaimana cara - Menunjukkan sikap menghargai

 

menghargai jasa para pahlawan

 

jasa para tokoh dalam memper-

 

sda.
dilanjutkan dengan presentasi

 

siapkan kemerdekaan

 

Menghargai jasa dan Proklamasi Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam - Menyebutkan tokoh dalam - Tertulis 12 x 35 menit
peranan tokoh perju- kemerdekan memproklamasikan kemerdekaan

 

memproklamasikan kemerdekaan - Produk/hasil pert 9 – 12
angan dalam mem- Indonesia Mencari jasa dan peranan tokoh dalam - Menceritakan jasa dan peranan

 

Kinerja (4minggu)
proklamasikan memproklamasikan kemerdekaan

 

tokoh dalam memprokmasikan - Porto folio
kemerdekaan Indonesia

 

kemerdekaan

 

 

 

KOMPETENSI MATERI POKOK / KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI SUMBER
DASAR PEMBELAJARAN WAKTU BELAJAR/
ALAT
Menghargai perjua- Mencari contoh cara mengenang - Menjelaskan cara mengenang - Tertulis 12 x 35 menit Buku IPS Asy’ari kelas V
ngan para tokoh dalam perjuangan para tokoh dalam

 

perjuangan para tokoh dalam - Porto folio pert 13 – 16 Erlangga
mempertahankan mempertahankan kemerdekaan

 

mempertahankan kemerdekaan - Pengamatan (4 minggu) yang relevan
kemerdekaan Membuat laporan secara kelompok - Menunjukkan sikap menghargai

 

Gambar
cara menghargai perjuangan para

 

perjuangan para tokoh dalam

 

tokoh dalam kehidupan sehari-hari

 

mempertahankan kemerdekaan

 

 

Semester I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                   :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester                :    V/I

Alokasi Waktu                    :    12  jam pelajaran @ 35 menit

Pertemuan minggu ke- 1 sampai 4 (4 minggu)

  1. I. Standar Kompetensi :    Menghargai berbagal peninggalan dan sejarah yang berskala

nasional pada masa Hindu­-Budha, dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia

  1. II. Kompetensi Dasar :    Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang

berskala nasional dan masa Hindu-­Budha, dan Islam di Indonesia

III. lndikator :    ● Menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-

Budha dan Islam yang ada di Indonesia

● Membuat daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-

Budha dan Islam yang ada di Indonesia

● Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-

Budha dan Islam yang ada di Indonesia

●  Melestarikan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-

Budha dan Islam yang ada di Indonesia

● Menunjukkan letak peninggalan sejarah Hindu – Buddha me-

lalui peta

● Mengelompokkan peninggalan sejarah sesuai kelompok aga-

manya

● Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat bersejarah

● Mendiskusikan hasil kunjungan ke tempat bersejarah

IV. Materi Pokok

Makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dan masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia

  1. V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1 – 4)

Pertemuan 1

Menjelaskan dan menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia

Pertemuan 2

Menjelaskan daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia

Pertemuan 3

Menjelaskan dan menceritakan beberapa peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam dl Indonesia

Pertemuan 4

Menjelaskan cara-cara melestarikan dan memberi makna peninggalàn yang berskala nasional dan masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia

VI. Alat Dan Sumber Bahan

1.    Alat Peraga            : Gambar candi borobudur, candi prambanan, masjid, dll

2.    Sumber                  : Buku IPS kelas V

Buku yang relevan

VII. Penilaian

1.    Tertulis                   : Pilihan ganda

2.    Pengamatan / perbuatan

3.    Porto folio

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   :     Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas I Semester               :     V/I

Alokasi Waktu                    :     12 x 35 menit

Pert. 5 – 7 (3 minggu)

  1. I. Standar Kompetensi :     Menghargai berbagal peninggalan dan sejarah yang berskala

nasional pada masa Hindu­-Budha, dan Islam keragaman

kenampakan slam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia

  1. II. Kompetensi Dasar :     Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha,

dan Islam di Indonesia

III. lndikator :     – Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa  Hindu-Budha

dan Islam di Indonesia

- Menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa  Hindu-Budha

dan Islam di Indonesia

- Mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-

Budha, dan Islam di Indonesia

- Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-

Budha, dan Islam di Indonesia

IV. Materi Pokok

Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia

  1. V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1 – 4)

Pertemuan 5

Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia

Pertemuan 2

Menjelaskan dan menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia

Pertemuan 3

Mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia

Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia

VI. Alat Dan Sumber Bahan

1.    Alat Peraga            : Gambar / foto tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam

2.    Sumber                  : Buku IPS kelas V

Buku yang relevan

 

VII. Penilaian

1.    Tertulis                   : jawaban singkat

2.    Pengamatan / perbuatan

3.    Porto folio

Mengetahui,                                                 Demak, …………………20….

Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas

………………………. ……………………….

NIP………………………                                           NIP………………………

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   :     Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas I Semester               :     V/I

Alokasi Waktu                    :     12 x 35 menit

Pert. 8 – 11 (4 minggu)

  1. I. Standar Kompetensi :     Menghargai berbagai peninggalan dan sejarah yang berskala

nasional pada masa Hindu­-Budha, dan Islam keragaman

kenampakan slam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di

Indonesia

  1. II. Kompetensi Dasar :     Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta

pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggurtakan

peta/atlas/globe dan media Iainnya

III. lndikator :    – Menggambar peta     Indonesia dengan menggunakan simbol

- Menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam dan buatan

- Menunjukkan pada peta pembagian wilayah waktu di

Indonesia

IV. Materi Pokok

Keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan peta/atlas/globe dan media lainnya

  1. V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1 – 4)

Pertemuan 8

Memberi tugas kepada siswa untuk menggambar peta Indonesia dengan menggunakan

Symbol

Pertemuan 9

Menjelaskan tentang cara-cara memberikan simbol pada peta yang telah dibuat siswa

Pertemuan 10

Menyebutkan dan menjelaskan ciri-ciri kenampakari slam dan buatan pada peta Indonesia

Pertemuan 11

Menjelaskan dengan peta serta menujukkan pembagian wilayah waktu di Indonesia

Menyebutkan wilayah pembagian waktu di Indonesia

VI. Alat Dan Sumber Bahan

1.    Alat Peraga            : Peta, globe, atlas, media lainya

2.    Sumber                  : Buku IPS kelas V

Buku yang relevan

VII. Penilaian

1.    Tertulis                   : Pilihan ganda

Isian

2.    Pengamatan / perbuatan

3.    Porto folio

Mengetahui,                                                 Demak, …………………20….

Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas

………………………. ……………………….

NIP………………………                                           NIP………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   :     Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas I Semester               :     V/I

Alokasi Waktu                    :     9 x 35 menit

Pert. 12 – 14 (4 minggu)

  1. I. Standar Kompetensi :     Menghargai berbagal peninggalan dan sejarah yang berskala

nasional pada masa Hindu­-Budha, dan Islam keragaman kenampakan slam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia

  1. II. Kompetensi Dasar :     Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia

III. lndikator :   – Menemutunjukkan pada peta persebaran daerah asal suku

bangsa di Indonesia

- Mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa

di Indonesia

- Mengidentifikasi keragaman budaya di Indonesia

- Menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia

IV. Materi Pokok

Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia

  1. V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 12 – 14)

Pertemuan 12

Menjelaskan dengan menggunakan peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia

Pertemuan 13

Menjelaskan cara mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa di Indonesia

Pertemuan 14

Mengidentifikasi keragaman budaya dan menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia

VI. Alat Dan Sumber Bahan

1.    Alat Peraga            : Gambar keanekaraman suku bangsa dan budaya di Indonesia

Peta/atlas Indonesia

2.    Sumber                  : Buku IPS kelas V yang relevan

 

VII. Penilaian

1.    Tertulis                   : Pilihan ganda

Jawab singkat

2.    Pengamatan / perbuatan

Mengetahui,                                                 Demak, …………………20….

Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas

………………………. ……………………….

NIP………………………         NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   :     Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas I Semester               :     V/I

Alokasi Waktu                    :     9 x 35 menit

Pert. 15 – 18 (4 minggu)

  1. I. Standar Kompetensi :     Menghargai berbagal peninggalan dan sejarah yang berskala

nasional pada masa Hindu­-Budha, dan Islam keragaman kenampakan slam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia

  1. II. Kompetensi Dasar :     Mengenal jenis-jenis dan kegiatan ekonomi di Indonesia

III. lndikator :     –  Menyebutkan jenis-jenis usaha pereko­nomian dalam

masyarakat Indonesia

-   Memberi contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok

-   Memberikan contoh cara menghargai kegiatan orang dalam usaha

-   Menyebutkan contoh kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi di Indonesia

IV. Materi Pokok

Jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia

  1. V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 15 – 18)

Pertemuan 15

Menjelaskan jenis-jenis usaha perekonomian dalam masyarakat

Pertemuan 16

Berdiskusi dan memberi contoh usaha yang dikelola sendiri swasta dan atau pemerintah

Pertemuan 17

­Menjelaskan cara menghargai kegiatan orang dalam berusaha

Pertemuan 18

Menjelaskan dan menyebutkan contoh kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi di Indonesia.

VI. Alat Dan Sumber Bahan

1.    Alat Peraga            :  Gambar-gambar jenis usaha perekonomian yang ada di masyarakat

2.    Sumber                  : Buku IPS kelas V yang relevan

 

VII. Penilaian

1.    Tertulis                   : Uraian

2.    Pengamatan / perbuatan

Mengetahui,                                                 Demak, …………………20….

Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas

………………………. ……………………….

NIP………………………                                           NIP………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   :     Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas I Semester               :     V/I

Alokasi Waktu                    :     9 x 35 menit

Pert. 1 – 3 (3 minggu)

  1. I. Standar Kompetensi :     Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam

mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan Indonesia

  1. II. Kompetensi Dasar :     Mengenal jenis-jenis dan kegiatan ekonomi di Indonesia

III. lndikator :  – Menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke

dalam kekuasaan pemerintah Belanda

- Menjelaskan sistem kerja paksa dan penarikan pajak yang

memberatkan rakyat

- Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya

mengusir penjajah Belanda

IV. Materi Pokok

Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia

  1. V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1 – 3)

Pertemuan 1

1. Pendahuluan

-    Mengajak siswa memperhatikan gambar tentang kedatangan kapal-kapal Belanda ke Indonesia

-.   Bertanya jawab dengan siswa mengenai pendapatnya seputar kedatangan Belanda

-    Menunjuk siswa secara acak untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan

2.  Kegiatan inti

-    Mengadakan tanya jawab seputar tokoh-tokoh Islam yang mertentang kedatangan Belanda

-    Menjelaskan salah satu kerajaan Islam yang jatuh ke tangan Belanda

-    Menugaskan siswa melakukan studi pustaka mencari contoh lain kerajaan Islam yang jatuh ke tangan Belanda

-    Menjelaskan sistein kerja paksa dan penarikan pajak sebelum melontarkan pertanyaan-pertanyaan

-    Memandu diskusi kelompok yang dilakukan siswa mengenal sistem kerja paksa dan penarikan pajak

-    Mengajak siswa mengamati peta tèntang wilayah-wilayah diberlakukannya tanam paksa

-    Memberi kebebasan kepada siswa untuk berpendapat mengenai peta yang diamati

-    Menegaskan siswa secara kelompok untuk melakukan bermain peran mengenai kisah perlawanan terhadap Belanda

3.  Kegiatan penutup

-    Menyimpulkan materi yang telah dipelajari

-    Memberi motivasi

-    Mengadakan tes tertulis dari uji kompetensi

Pertemuan 2

1.    Pendahuluan

-      Mengajak siswa memperhatikan gambar tentang kedatangan kapal-kapal Belanda ke Indonesia

-      Bertanya jawab dengan siswa mengenai pendapatnya seputar kedatangan Belanda

-      Menunjuk siswa secara acak untuk pertanyaan-pertanyaan

VI. Alat Dan Sumber Bahan

1.    Alat Peraga            :  Gambar-gambar jenis usaha perekonomian yang ada di masyarakat

2.    Sumber                  : Buku IPS kelas V yang relevan

 

VII. Penilaian

1.    Tertulis                   : Uraian

2.    Pengamatan / perbuatan

Mengetahui,                                                 Demak, …………………20….

Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas

………………………. ……………………….

NIP………………………                                           NIP………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   :     Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas I Semester               :     V/II

Alokasi Waktu                    :     9 x 35 menit

Pert. 4 – 6 (3 minggu)

  1. I. Standar Kompetensi :     Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam

mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan

Indonesia

  1. II. Kompetensi Dasar :     Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada

penjajahan Belanda dan Jepang

III. lndikator :     –  Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia

-   Menceritakan sebab dan akibat pergerakan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia

IV. Materi Pokok

Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia

-       Perjuangan melawan penjajah Jepang

  1. V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 4 – 6)

1. Pendahuluan

-    Mengajak siswa mengamati dan membandingkan gambar salah satu kota di Jepang

-    Memberi kesempatan bagi siswa mengemukakan pendapatnya tentang kedua gambar yang diamati

2.  Kegiatan inti

-    Mengadakan tanya jawab seputar tokoh-tokoh Islam yang menentang kedatangan Belanda

-    Menjelaskari mengenai sebab-sebab meletusnya perang dunia II dan kedatangan Jepang ke Indonesia

-    Mengajak siswa memperhatikan peta pendaratan pasukan Jepang ke Indonesia

-    Mengadakan tanya jawab mengenal lembaga-lembaga bentukan Jepang

-    Memberi tugas menjawab pertanyaan tentang sebab akibat pergerakan tenaga romusa oleh Jepang

3.  Kegiatan penutup

-    Menganjurkan kepada siswa untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dalam melawan penjajah

-    Mengadakan tes tertulis dari uji kompetensi

VI. Alat Dan Sumber Bahan

1.    Alat Peraga            :  Gambar, Peta

2.    Sumber                  : Pengetahuan Sosial hal. 97 – 100 (Aneka Ilmu)

 

VII. Penilaian

1.    Tertulis

2.    Porto Folio

Mengetahui,                                                 Demak, …………………20….

Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas

………………………. ……………………….

NIP………………………                                           NIP………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   :     Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas I Semester               :     V/II

Alokasi Waktu                    :     6 x 35 menit

Pert. 7 – 8 (2 minggu)

  1. I. Standar Kompetensi :     Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam

mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan

Indonesia

  1. II. Kompetensi Dasar :     Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada

penjajahan Belanda dan Jepang

III. lndikator :     –  Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan

nasional

-   Membuat laporan tentang tokoh pejuang yang ada di provinsinya

-   Menceritakan peristiwa sumpah pemuda

-   Menceritakan peranan tokoh dalam peristiwa sumpah pemuda 28 Oktober 1928

-   Menceritakan peranan sumpah pemuda 28 Oktober 1928 dalam mempersatukan Indonesia

IV. Materi Pokok

Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia

-       Tokoh-tokoh penting pergerakan nasional

-       Peranan sumpah pemuda 28 Oktober 1928 dalam mempersatukan Indonesia

  1. V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 7 – 8)

1. Pendahuluan

-    Bertanya jawab sesuai dengan materi

-    Memberi penjelasan singkat tentang peranan pemuda

2.  Kegiatan inti

-    Menjelaskan secara singkat latar belakang munculnya pergerakan nasional

-    Menugaskan siswa untuk membuat profil riwayat hidup tokoh-tokoh penting pergerakan nasional, seperti RA Kartini, Dewi Sartika, Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker

-    Menugaskari siswa untuk membuat laporan tentang tokoh pejuarig yang ada di provinsi tempat tinggalnya

-    Melakukan diskusi kelas tentang peristiwa sumpah pemuda khususnya tentang konggres pemuda I dan II

-    Menugaskan siswa membuat catatan mengenal peranan tiga tokoh penting dalam

peristiwa sumpah pemuda

-    Menugaskan setiap siswa menjawab pertanyaan dan kesimputan mengenai peranan sumpah pemuda dalam mempersatukan Indonesia

3.  Kegiatan penutup

-    Memandu siswa untuk menyimpulkan pentingnya pembentukan organisasi pergerakan nasional

-    Mendorong siswa untuk melakukan tugas pembiasaan agar siswa dapat mencontoh sikap-sikap terpuji pars pahlawan pergerakan nasional

-    Mengadakan uji kompetensi

VI. Alat Dan Sumber Bahan

1.    Alat                         :  Gambar

2.    Sumber                  : Pengetahuan Sosial hal. 100 – 108 (Aneka Ilmu)

Buku penunjang lainnya

VII. Penilaian

1.    Tes Tertulis

2.    Porto Folio

Mengetahui,                                                 Demak, …………………20….

Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas

………………………. ……………………….

NIP………………………                                           NIP………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   :     Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas I Semester               :     V/II

Alokasi Waktu                    :     9 x 35 menit

Pert. 9 – 11 (3 minggu)

  1. I. Standar Kompetensi :     Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam

mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan

Indonesia

  1. II. Kompetensi Dasar :     Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam

mempersiapkan kemerdekaan Indonesia

III. lndikator :     – Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan

kemerdekaan

-    Menjelaskari perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan

-    Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan

-    Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan

IV. Materi Pokok

Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara

  1. V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 9 – 11)

1. Pendahuluan

-    Melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi

-    Bertanya jawab. dengan siswa mengenai tokoh-tokoh yang terlibat dalam perang kemerdekaan

2.  Kegiatan inti

-    Menjelaskan penting usaha dan kerja keras para tokoh datam mempersiapkan kemerdekaan

-    Memberi tugas melakukan studi pustaka secara berkelompok üntuk mencari lembaga-lembaga bentukan Jepang dalam persiapan mencapai kemerdekaan

-    Menugaskan siswa mendiskusikan perlunya perumusan dasar negara bagi Indonesia secara berkebmpok

-    Menugaskan siswa mengenali tokoh-tokoh yang berperan dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan

-    Menugaskan siswa untuk menuliskan bagaimana cara menghargai para pahlawan

3.  Kegiatan penutup

-    Menyimpulkan materi yang telah dipelajari

-    Mengadakan uji kompetensi

VI. Alat Dan Sumber Bahan

1.    Alat                         :  Gambar

2.    Sumber                  : Pengetahuan Sosial hal. 114 – 121

VII. Penilaian

1.    Tes Tertulis

2.    Porto Folio

Mengetahui,                                                 Demak, …………………20….

Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas

………………………. ……………………….

NIP………………………                                                           NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   :     Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas I Semester               :     V/II

Alokasi Waktu                    :     9 x 35 menit

Pert. 12 – 14 (3 minggu)

  1. I. Standar Kompetensi :     Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam

mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan

Indonesia

  1. II. Kompetensi Dasar :     Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam

mempersiapkan kemerdekaan Indonesia

III. lndikator :     –  Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan

-   Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memprokiamasikan kemerdekaan

IV. Materi Pokok

Proklamasi kemerdekaan Indonesia

  1. V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 12 – 14)

1. Pendahuluan

-    Mengajak siswa bertanya jawab tentang tokoh atau pahlawan yang ada pada gambar

-    Menunjuk siswa secara acak untuk menjawab pertanyaan

2.  Kegiatan inti

-    Menyebutkan tokoh-tokoh dalammemproklamasikan kemerdekaan

-    Menugaskan siswa secara berkelompok untuk mengidentifikasi dua tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan

- Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam dalam memprokiamasikan kemerdekaan

-    Mengajak siswa mencari jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan  kemerdekaan

3.  Kegiatan penutup

-    Menyimpulkan materi

-    Memberi motivasi

-    Mengadakan uji kompetensi

VI. Alat Dan Sumber Bahan

1.    Alat                         :  Gambar

2.    Sumber                  : Buku IPS kelas

Buku penunjang yang relevan

VII. Penilaian

1.    Tes Tertulis

2.    Porto Folio

Mengetahui,                                                 Demak, …………………20….

Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas

………………………. ……………………….

NIP………………………                                           NIP………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   :     Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas I Semester               :     V/II

Alokasi Waktu                    :     9 x 35 menit

Pert. 15 – 16 (2 minggu)

  1. I. Standar Kompetensi :     Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam

mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan

Indonesia

  1. II. Kompetensi Dasar :     Menghargai perjuangan para tokoh dalam mem­pertahankan

kemerdekaan

III. lndikator :     –  Menjelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam

mempertahankan kemerdekaan

-    Menunjukkan sikap menghargai perju-angan para tokoh dalam memper-tahankan kemerdekaan

IV. Materi Pokok

Proklamasi kemerdekaan Indonesia

  1. V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 15 – 16)

1. Pendahuluan

-    Untuk membangkitkan motivasi belajar siswa, guru rnemperlihatkan gambar-gambar tokoh perjuangan, kemudian mengajukan beberapa pertanyaan sesuai materi

2.  Kegiatan inti

-    Guru menjelaskan secara singkat sesuai materi

-    Mengadakan tanya jawab tentang cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan

-    Dengan bimbingan guru, siswa mengadakan diskusi tentang cara mengenang tokoh perjuangan kemerdekaan

-    Guru menjelaskan cara bersikap menghargai para tokoh perjuangan

-    Secara bergantian siswa menunjukkari sikap menghargai para tokoh perjuangan

3.  Kegiatan penutup

-    Menyimpulkan materi yang telah dipelajari

-    Mengadakan tes tertulis (uji kompetensi)

VI. Alat Dan Sumber Bahan

1.    Alat                         :  Gambar

2.    Sumber                  : Buku IPS kelas V yang relevan

VII. Penilaian

1.    Produk / hasil

2.    Kinerja

3.    Penugasan

Mengetahui,                                                 Demak, …………………20….

Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas

………………………. ……………………….

NIP………………………                                           NIP………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester          : VI / I

Alokasi Waktu               : 18 x 35 menit

Pert. 7 – 12 (6 minggu)

I.Standar Kompetensi : Memahami perkembangan wilayah Indonesia

kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia

Tenggara serta benua-benua.

  1. II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial

negara-egara tetangga

  1. III. Indikator : – Menunjukan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial

negara-neara tetangga

- Membandingkan kenampakan alam keadaan sosial negara-

negara tetangga.

  1. IV. Materi Pokok

Kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.

  1. V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 7-12)

Pertemuan 7-9

-          Menjelaskan tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga

-          Tanya jawab dan observasi tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga

Pertemuan 10-12

-          Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga

-          Mendiskusikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga

  1. VI. Alat Dan Sumber Bahan

-          Peta, atlas

-          Globedan Buku yang relevan

VII. Penilaian

-        Tes tertulis         : Uraian

-        Pengamatan / perbuatan

Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….

Kepala Sekolah                                            Guru Kelas

………………………. ……………………….

NIP. …………………                                NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester          : VI / I

Alokasi Waktu               :18 x 35 menit

Pert. 1 – 6 (6 minggu)

  1. I. Standar Kompetensi : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan

alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara

serta benua-benua.

  1. II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perkembangan system administrasi

wilayah Indonesia

  1. III. Indikator : – Menjelaskan perkembangan system administrasi wilayah

Indonesia

- Menunjukan perkembangan system administrasi wilayah

Indonesia dalam Peta / globe

- Membandingkan perkembangan system administrasi

wilayah Indonesia dengan Negara-negara tetangga.

  1. IV. Materi Pokok

Perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia

  1. V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-6)

Pertemuan 1-2

-          Menjelaskan tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia

-          Tanya jawab tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia

Pertemuan 1-2

-          Menunjukkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dalam peta / atlas, globe

-          Mengamati peta / atlas, globe setelah itu menunjukkan dalam peta/atlas, globe tersebut

-          Tanya jawab.

Pertemuan 1-2

-          Membandingkan perkembangan sistem administrasiwilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.

-          Mengamati dan mendiskusikan tentang perkembangan sistem admisitrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.

-          Tugas

  1. VI. Alat Dan Sumber Bahan

-          Peta

-          Globe

-          Buku yang relevan

VII. Penilaian

-        Tes tertulis         : Uraian

-        Pengamatan / perbuatan

Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….

Kepala Sekolah                                            Guru Kelas

………………………. ……………………….

NIP. …………………                                NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                :       Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester            :       VI / I

Alokasi Waktu                 :       18 x 35 menit

Pert. 13  – 18 (6 minggu)

  1. I. Standar Kompetensi : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan

alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara

serta benua-benua.

  1. II. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi benua-benua
  2. III. Indikator : – Menunjukka benua-benua

- Membedakan benua-benua

  1. IV. Materi Pokok

Benua-benua

  1. V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 13-18)

Pertemuan 13-15

-          Menunjukan benua-benua

-          Dengan mengadakan pengamatan peta, atlas/globe yang dilanjutkan tanya jawab dan diskusi.

Pertemuan 16-18

-          Membedakan benua-benua

-          Mengamati peta, atlas/globe dilanjutkan tanya jawab, diskusi, tugas

  1. VI. Alat Dan Sumber Bahan

-          Peta,

-          Globe

-          Buku yang relevan

VII. Penilaian

-        Tes tertulis         : Uraian

-        Pengamatan / perbuatan

Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….

Kepala Sekolah                                            Guru Kelas

………………………. ……………………….

NIP. …………………                                NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                :       Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester            :       VI / II

Alokasi Waktu                 :       18 x 35 menit

Pert. 1 – 5 (5 minggu)

  1. I. Standar Kompetensi : Memahami gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
  2. II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di

Indonesia dan negara tetangga

  1. III. Indikator : – Menemutunjukkan pada peta letak dan nama negara

tetangga Indonesia.

- Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan

negara-negara lain.

  1. IV. Materi Pokok

Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga

  1. V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)

Pertemuan 1

-          Pengamatan Peta Asia Tenggara

-          Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara

-          Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara

Pertemuan 2

-          Pengamatan Peta Asia Tenggara

-          Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara

-          Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara

Pertemuan 3

-          Pengamatan peta Asia Tenggara

-          Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara

-          Menemutunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.

Pertemuan 4

-          Pengamatan peta Asia Tenggara

-          Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara

-          Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.

Pertemuan 5

-          Kesimpuan guru dan siswa

-          Evaluasi

  1. VI. Alat Dan Sumber Bahan

-          Gambar peta Indonesia

-          Gambar Peta Asia Tenggara

VII. Penilaian

-     Tes tertulis   : Pilihan ganda, jawab singkat

-     Pengamatan / perbuatan

Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….

Kepala Sekolah                                            Guru Kelas

………………………. ……………………….

NIP. …………………                                NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                          : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester                      : VI / II

Alokasi Waktu                           : 18 x 35 menit

Pert. 6 – 9 (4 minggu)

  1. I. Standar Kompetensi : Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan

sekitarnya.

  1. II. Kompetensi Dasar : Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam.
  2. III. Indikator : – Menjelaskan cara-cara menghadapi bencana alam.

- Menunjukkan jenis-jenis bencana alam.

  1. IV. MATERI POKOK

Cara menghadapi bencana alam

  1. V. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN (PERTEMUAN 6-9)

Pertemuan 6

-          Menjelaskan tentang cara-cara menghadapi bencana alam

-          Tanya jawab tentang cara-cara menghadapi bencana alam

-          Mendiskusikan tentang cara-cara menghadapi bencana alam

Pertemuan 7

-          Mengamati gambar bencana alam

-          Menentukan cara-cara menghadapi bencana alam

-          Mendiskusikan bantuan yang sesuai dengan bencana alam yang terjadi

Pertemuan 8

-          Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu

-          Menjelaskan tentang jenis-jenis bencana alam

-          Mendiskusikan penyebab tiap jenis bencana alam

Pertemuan 9

-          Kesimpulan guru da siswa

-          Evaluasi

  1. VI. ALAT DAN SUMBER BAHAN

-          Gambar peta Indonesia

-          Gambar Peta Asia Tenggara

VII. PENILAIAN

-     Tes tertulis   : jawab singkat, uraian

-     Pengamatan / perbuatan

Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….

Kepala Sekolah                                            Guru Kelas

………………………. ……………………….

NIP. …………………                                NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester              : VI / II

Alokasi Waktu                   : 15 x 35 menit

Pert. 10 – 14 (4 minggu)

  1. I. Standar Kompetensi :   Memahami peranan Indonesia di era globalisasi
  2. II. Kompetensi Dasar : Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak

positif serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa Indonesia

  1. III. Indikator : – Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi.

- Menunjukkan contoh perubahan perilaku masyarakat sebagai

dampak globalisasi (Misalnya : gaya hidup, makanan, pakaian,

komunikasi, perjalanan nilai-nilai dantradisi).

  1. IV. Materi Pokok

Peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap keidupan bangsa Indonesia.

  1. V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 10-14)

Pertemuan 10

-          Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan

-          Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi

-          Mendiskusikan peranan Indonesia pada era globalisasi.

Pertemuan 11

-          Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan

-          Menjelaskan contoh-contoh perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi.

-          Mendiskusikan contoh-contoh perubahan pada era globalisasi.

Pertemuan 12

-          Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan

-          Menjelaskan dampak positif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi

-          Mendiskusiakan dampak positif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.

Pertemuan 13

-          Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan

-          Menjelaskan dampak negatif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi

-          Mendiskusikan dampak negatif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.

Pertemuan 14

-          Kesimpuan guru dan siswa

-          Evaluasi

  1. VI. Alat Dan Sumber Bahan

-          Gambar pabrik tekstil

-          Gambar kilang minyak

VII. Penilaian

-     Tes tertulis   : jawab singkat, Pilihan ganda, Uraian

-     Pengamatan / perbuatan

Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….

Kepala Sekolah                                            Guru Kelas

………………………. ……………………….

NIP. …………………                                NIP. …………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester                : VI / II

Alokasi Waktu                     : 15 x 35 menit

Pert. 15 – 18 (4 minggu)

  1. I. Standar Kompetensi : Memahami peranan Indonesia di era globalisasi mengenai

manfaat ekspor dan impor di Indonesia.

  1. II. Kompetensi Dasar : Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai

Kegiatan ekonomi antar bangsa.

  1. III. Indikator : – Menemutunjukkan barang yang di Ekspor dan di Impor oleh

Indonesia.

- Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang

antara Indonesia dan luar negeri.

- Menunjukkan manfaat adanya pertukaran brang antara

Indonesia dan luar negeri.

  1. IV. Materi Pokok

Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga

  1. V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)

Pertemuan 1

-          Pengamatan Peta Asia Tenggara

-          Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara

-          Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara

Pertemuan 2

-          Pengamatan Peta Asia Tenggara

-          Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara

-          Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara

Pertemuan 3

-          Pengamatan peta Asia Tenggara

-          Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara

-          Menemutunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.

Pertemuan 4

-          Pengamatan peta Asia Tenggara

-          Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara

-          Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.

Pertemuan 5

-          Kesimpuan guru dan siswa

-          Evaluasi

  1. VI. Alat Dan Sumber Bahan

-          Gambar peta Indonesia

-          Gambar Peta Asia Tenggara

VII. Penilaian

-     Tes tertulis   : Pilihan ganda, jawab singkat

-     Pengamatan / perbuatan

Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….

Kepala Sekolah                                            Guru Kelas

………………………. ……………………….

NIP. …………………                              NIP. …………………

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: